Makanan Dessert Khas Inggris yang Wajib Kamu Coba Saat Afternoon Tea di Inggris
Publisher: Calista Tambunan
Date: 2019-09-17T12:17:54+06:00
30 Views

Salah satu budaya Inggris yang paling terkenal adalah minum teh pada saat sore hari. Hal ini dimulai oleh seorang bangsawan Inggris, yaitu The Dutchess of Bedford, Ana Maria karena jeda antara waktu makan siang dan makan malam yang cukup lama. Hingga sekarang, Afternoon Tea tetap dilakukan untuk menyiasati rasa lapar dan biasanya dilakukan saat jam 3 sampai 5 sore. Oleh karena itu, selain minum teh biasanya disediakan kudapan kudapan manis atau dessert tradisional Inggris sebagai pengganjal perut.

Keunikan dalam melakukan Afternoon Tea yaitu ada etikanya tersendiri lho yang harus diikuti teh orang Inggris itu sendiri. Pertama, memakai baju yang sopan adalah kewajiban saat mengikuti tradisi ini, kemudian untuk mengaduk teh ada tata caranya tersendiri yang harus dilakukan dengan benar, dan saat meminum teh harus pelan-pelan, tidak boleh langsung habis. Yang pantang dilakukan saat Afternoon Tea adalah mengangkat jari kelingking sewaktu meminum teh dan mencelupkan biscuit ke dalam teh.

Karena sudah menjadi gaya hidup, Afternoon Tea biasanya disajikan secara menarik, rapi, dan estetik. Ciri khasnya adalah dessert dessert tersebut diletakan pada wadah berlapis tinggi atau yang biasa disebut three tier. Walaupun ada sandwich, tapi kudapan manis menjadi daya tarik dari makanan yang menemani Afternoon Tea. Banyak dessert tradisional Inggris yang digemari oleh segala kalangan mulai dari Kerajaan Inggris hingga rakyatnya, dan berikut adalah beberapa dessert yang wajib kamu coba saat mengikuti Afternoon Tea.

  1. Scones

Dessert yang satu ini wajib untuk disediakan saat Afternoon Tea karena merupakan favorit para warga negara Inggris. Bentuknya berupa kue yang berbahan dasar tepung dan isinya adalah selai dari buah-buahan, kadang dicampur dengan variasi kismis. Karena cenderung kering, biasanya Scones juga disajikan bersama krim kental atau es krim.

 

  1. Jaffa Cake

Salah satu yang terkenal dari dessert yang ada saat Afternoon Tea adalah Jaffa Cake, yang terbuat dari lapisan genoise sponge serta jeli buah dan saus coklat kental. Walaupun pada umumnya menggunakan jeli buah orange, tetapi terdapat berbagai varian rasa juga sebagai alternative seperti stroberi, blackcurrant, dan lemon. Biasanya Jaffa Cake berbentuk lingkaran dengan ukuran 54mm.

  1. Apple Rhubarb Crumble

Hidangan yang cukup populer di masyarakat Inggris ini terbuat dari perpaduan antara tepung terigu dan potongan apel segar, serta dilengkapi oleh es krim vanilla dan taburan icing sugar. Rasanya bisa dibilang unik karena saat memakannya kamu bisa menemukan rasa manis dan gurih sekaligus.

  1. Victoria Sponge Cake

Merupakan salah satu makanan favorit Ratu Victoria, dessert yang satu ini juga sering disantap oleh masyarakat Inggris. Cake yang terbuat dari lapisan selai raspberry dan vanilla cream ini juga menggunakan icing sugar dan buah raspberry asli untuk menambah kelezatannya. Nama lain dari cake ini adalah Victoria Sandwich Cake.

 

Tentu kamu penasaran kan ingin mencicipi dessert dessert tersebut? Nah, dijamin pasti akan lebih enak kalau kamu mencobanya langsung saat sedang berkunjung ke negara asalnya. Selain itu kamu juga bisa sekalian berlatih kemampuan bahasa Inggris mu selama disana. Untuk melancarkan kemampuan mu dalam berbahasa Inggris, kamu bisa belajar dan latihan lewat aplikasi Cakap di Android ataupun iOS yang menyediakan kursus bahasa Inggris secara online.