Dana Darurat Yang Bisa Kamu Pergunakan Untuk Mengantisipasi Bencana Alam
Publisher: Yuni Jayanti
Date: 2018-09-04T10:49:26+06:00
265 Views

Dana darurat merupakan dana yang disimpan untuk keadaan darurat ataupun keadaan yang tiba – tiba terjadi tanpa perencanaan, misalnya Kecelakaan diri, sakit, bahkan saat PHK. Dana darurat ini berfungsi untuk meng-cover keadaan tersebut, sehingga akan meringankan beban kalian.

Tidak hanya untuk kesehatan, dana darurat dapat menjadi dana untuk membantu bila sewaktu – waktu terjadi bencana alam, yang dimana dapat berdampak kerusakan pada properti (rumah). Dana darurat ini dapat membantu untuk meng-cover perbaikan kerusakan properti yang terjadi.

Bila pada dana darurat kesehatan atau kejiwaan yang berfungsi sebagai antisipasi jika sewaktu – waktu (atau secara mendadak) mengalami kecelakan, kalian dapat menggunakan asuransi kesehatan atau jiwa. Namun, jika kalian ingin dana darurat untuk mengatisipasi bencana alam yang dapat berdampak buruk pada properti, kalian dapat menggunakan asuarnsi rumah ataupun asuransi kebekaran.

ASURANSI RUMAH

Asuransi rumah adalah asuransi yang memiliki tujuan untuk memproteksi ataupun memberikan perlihdungan pada properti yang kalian miliki, bila sewaktu – waktu kalian mengalami kerusakan properti. Hal ini berguna jika kalian mengalami bencana alam, seperti banjir ataupun gempa, sehingga kalian sudah memiliki jaminan untuk memperbaiki.

Selain itu, memiliki asuransi rumah kalian akan merasa aman dan tidak perlu khawatir untuk bertempat tinggal. Mengapa? Karena aset properti kalian sudah memiliki jaminan ataupun perlindungan jika sewaktu – waktu tejadi kerusakan.

Asuransi rumah tidak hanya akan menjamin kerusakan properti yang terjadi karena bencana alam, kerusakan, bahkan huru hara. Namun, juga menjamin jika kalian mengalami kebakaran.

Asuransi rumah memiliki pelayanan terkait polis standard asuransi kebakaran Indonesia. Polis ini merupakan bentuk pelayanan asuransi kebakaran, yang melindungi aset harta benda yang disebabkan oleh kebakaran, petir, bahkan ledakan yang menyebabkan rumah anda habis terbakar.

Dengan kata lain, memiliki asuransi rumah ataupun polis asuransi kebakaran dapat menjadi dana darurat untuk mengantisipasi jika terjadinya bencana alam.

Seperti yang kalian ketahui, indonesia beberapa bulan ini rentan dengan gempa yang dapat berdampak pada kerusakan properti. Untuk kerusakan properti yang terjadi karena bencana alam, kita tidak dapat memprediksi berapa besar kerusakan yang terjadi. Hal ini akan membuat kita khawatir saat kerusakan terjadi. Namun, dengan memiliki asuransi rumah akan melindungi aset kalian dan menjamin atas kerusakan yang terjadi. Sehingga kalian tidak akan kehilangan harta dengan percuma.

Dengan demikian, menyiapkan dana darurat merupakan hal penting. Namun, yang perlu diingat dana darurat yang kalian siapkan jangan sampai melebihi biaya pengeluaran kalian sehari – hari. Sehingga kalian tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Setidaknya kalian menyiapkan 40% dana darurat untuk berjaga – jaga dan melindungi kalian sewaktu – waktu bila terjadi keadaan yang tidak terduga, seperti bencana alam.