Cara Mudah Menentukan Kalender Masa Subur Sendiri
Publisher: Octavia Rini
Date: 2019-07-01T10:56:42+06:00
91 Views

Kehamilan merupakan saat yang tentunya paling ditunggu oleh para pasangan muda yang baru saja memasuki mahligai rumah tangga. Permasalahan kehamilan ini, sebetulnya bukan hal yang sulit untuk didapatkan oleh para pasangan muda tersebut. Ketepatan waktu untuk mempertemukan sel sperma pria dan sel telur wanita, merupakan kunci utama untuk mempercepat dan mempermudah terjadinya kehamilan pada pasangan muda. Untuk menentukan ketepatan waktu inilah pasangan muda tersebut harus mengetahui masa subur dan tidaknya kandungan. Tidak hanya perlu diperhatikan oleh para wanita saja, namun sebagai pasangan pria pun juga harus memperhatikan masa subur pasangan mereka. Bagi Anda pasangan muda yang memang ingin cepat memperoleh keturunan, berikut ini bahasan mengenai perhitungan kalender masa subur, yang dapat Anda jadikan referensi.

Untuk mengetahui masa subur seorang wanita, siklus menstruasi memiliki peranan yang penting didalamnya. Dengan mengetahui siklus menstruasi ini maka petunjuk masa subur wanita dapat diketahui dengan mudah. Secara umum siklus menstruasi pada wanita terjadi dengan rentan waktu 21 hingga 35 hari dari masa pertama menstruasi menuju ke menstruasi berikutnya. Namun rata-rata dari para wanita mengalami siklus menstruasi selama 28 hari. Ditengah-tengah siklus menstruasi ini, biasanya terdapat masa subur pada wanita, dimana pada masa tersebut ovarium akan melepaskan sel telur. Jika terjadi pembuahan pada sel telur yang dilepaskan maka kehamilan pun dapat terjadi.

Berikut ini beberapa catatan yang harus diperhatikan untuk dapat menentukan masa subur dalam diri wanita, yang antara lain adalah:

- Masa subur pada wanita terjadi saat ovulasi atau dilepaskannya sel telur dari ovarium.
- Ovulasi secara umum terjadi sekitar 12 hingga 14 hari sebelum wanita mengalami waktu haid pertama.
- Jika siklus menstruasi pada wanita terjadi dengan jangka waktu 28 hari, maka masa subur yang dimiliki wanita berada pada hari ke 10 sampai dengan 17 dari waktu haid pertama.
- Waktu paling subur yang dimiliki wanita adalah 5 hari sebelum ovulasi dan 1 hari pada saat ovulasi.

Mengingat sperma pria hanya mampu bertahan dalam jangka waktu 5 hari, maka saat terbaik untuk melakukan hubungan badan, agar terjadi kehamilan adalah 3 hari sebelum masa ovulasi terjadi. Jika pada saat sel telur dilepaskan oleh ovarium dan langsung bertemu dengan sperma, maka kemungkinan besar wanita akan mengalami kehamilan. Mengingat siklus menstruasi yang terjadi pada wanita berbeda-beda, maka pencatatan khusus untuk Anda harus dilakukan.

Selain dapat digunakan sebagai hitungan untuk mempercepat kehamilan, kalender masa subur ini pun dapat Anda gunakan sebagai media untuk memperoleh alat kontrasepsi alami. Anda dapat menghindari masa-masa subur dalam diri Anda untuk tidak berhubungan badan dengan pasangan, sehingga kehamilan pun tidak terjadi. Pencatatan masa subur ini memang sebaiknya dilakukan oleh wanita dan pasangannya untuk mengatur jarak kehamilan dan kelahiran buah hati secara alami.